HOME
Home» Financial News » Pengertian Pasif Income dan Cara Mendapatkannya

Pengertian Pasif Income dan Cara Mendapatkannya

Posted at | Categorised in Financial News |

Pada umumnya ada dua macam penghasilan yang didapatkan oleh seseorang yaitu pasif income dan juga aktif income. Kedua beda penghasilan cermati tersebut tentu saja dari cara dan fungsi untuk mendapatkannya. Penghasilan aktif merupakan penghasilan rutin yang diterima setiap bulannya seperti gaji karyawan yang memang menjadi hal per bulannya untuk dibayarkan dan diterimanya karena telah bekerja keras untuk perusahaan. Dan juga ada penghasilan pasif dimana merupakan pendapatan sampingan yang berasal bukan dari pekerjaan utama. Pada umumnya penghasilan pasif tersebut tidak didapatkan dari jenis pekerjaan yang dilakukan secara langsung melainkan pekerjaan kecil yang sebenarnya dapat menghasilkan baik sebagai hobi ataupun jenis usaha yang tidak memerlukan perhatian lebih karena Anda sebenarnya sudah mempunyai penghasilan aktif dari pekerjaan tetap.

Pendapatan sampingan atau pasif tersebut memiliki beberapa fungsi apabila seseorang memilikinya antara lain:

  • Sebagai tambahan uang yang didapat dari pendapatan aktif yang diterima per bulannya.
  • Sebagai uang cadangan yang dapat digunakan sewaktu-waktu ketika ada keperluan mendesak dan mendadak.
  • Untuk menambah jumlah deposito yang ada di buku rekening.
  • Sebagai uang tabungan yang merupakan uang lebih dari penghasilan utama yang biasanya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Pasif income memang sangat diperlukan di jaman sekarang ini dimana harga barang dan kebutuhan terus mengalami kenaikan. Sedangkan untuk gaji yang diterima per bulannya biasanya tidak mengalami kenaikan sehingga akan lebih baik untuk masyarakat dapat memiliki usaha dan penghasilan sampingan. Penghasilan sampingan dan pinjaman uang di bank tersebut dapat digunakan untuk tambahan uang yang dimiliki. Penghasilan utama biasanya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sedangkan kadang waktu juga Anda mempunyai kebutuhan mendadak sehingga akan lebih baik apabila mempunyai dana lebih yang bisa didapatkan dari penghasilan pasif.

Ada banyak cara untuk mendapatkan penghasilan pasif salah satunya adalah menginvestasikan uang ke bidang properti seperti untuk membuat kost atau kontrakan. Hal tersebut tentu saja merupakan penghasilan pasif yang besar karena pada awalnya juga membutuhkan modal besar yang harus dikeluarkan terlebih dahulu. Akan tetapi sebagai penghasilan pasif memang hasil yang didapat dari hal ini sangat menggiurkan. Akan tetapi tentu saja hal ini menjadi catatan selama penghasilan dari kontrakan dan juga uang kost hanya menjadi uang tambahan dan Anda tetap memiliki pekerjaan utama yang menghasilkan setiap bulannya. Apabila Anda mengandalkan uang dari kontrakan dan kost-an maka hal tersebut bisa disebut sebagai penghasilan aktif bukan yang pasif lagi.

Penghasilan pasif lainnya juga bisa didapatkan dari berbagai macam situs internet yang sebenarnya dapat untuk menghasilkan. Seperti contoh penghasilan dari internet adalah:

  • Memiliki olshop sendiri yang menjual barang bekas dan juga sebagai agen reseller dari sebuah barang.
  • Memiliki hobi menulis artikel, cerpen, cerbung, atau puisi yang dapat untuk mendapatkan penghasilan pasif apabila dimuat di internet.
  • Mendaftarkan situs blog atau website yang dimiliki untuk mendapatkan uang setiap orang yang mengunjunginya.
  • Menjadi selebgram atau vlogger yang dapat menghasilkan uang setiap ada iklan atau orang yang menonton video.

Selain dari internet, pasif income juga didapatkan dari:

  • Bagi Anda yang mempunyai kartu kredit tentu akan mempunyai reward yang dapat ditukarkan dengan cashback atau juga diskon untuk belanja.
  • Maksimalkan juga pendapatan pasif yang didapat dari bunga deposito tabungan yang dimiliki.
  • Pendapatan pasif yang paling efektif tentu saja didapatkan dari investasi yaitu memutar kan uang dari bermain saham atau juga reksadana.

 

Related Post to Pengertian Pasif Income dan Cara Mendapatkannya

Frans Kaisiepo

Mengenal Sosok Frans Kaisiepo, Tokoh di Uang Baru Indonesia!

Posted at 07/28/2017

Jika kita sudah melihat bentuk fisik dari uang baru yang ada di Indonesia pastinya kita akan melihat salah satu sosok pahlawan yang berasal dari... Read More

Biaya kuliah di universitas Indonesia

Biaya Kuliah di Universitas Indonesia Terbaru 2017

Posted at 07/28/2017

Menjalani pendidikan yang sesuai dengan keinginan merupakan salah satu impian dari banyak mahasiswa yang ada di Indonesia pastinya. Hal ini menjadi salah satu hal... Read More

Jenis dan Simulasi KPR BTN yang Bisa Dipilih Oleh Masyarakat

Jenis dan Simulasi KPR BTN yang Bisa Dipilih Oleh Masyarakat

Posted at 05/15/2017

Bank BTN merupakan salah satu bank yang ada di Indonesia dan bisa dipilih untuk melakukan beragam transaksi keuangan masyarakat. Salah satu produk dan jasa... Read More

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Bagi Pasangan Muda

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Bagi Pasangan Muda

Posted at 04/27/2017

  Bagi Anda pasangan yang baru saja menikah, pastinya banyak hal yang perlu diatur karena banyak juga hal-hal baru yang sebelumnya tidak ada. Dengan... Read More

penghasilan tambahan

Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Posted at 04/25/2017

Di jaman yang serba cepat dan inovatif ini diperlukan effort khusus bagi mereka yang ingin bersaing dalam berbagai bidang bisnis. Salah satu bidang yang... Read More

Partner Links