HOME
Home» Blogging » Ini Dia Kebiasaan yang Indonesia Banget

Ini Dia Kebiasaan yang Indonesia Banget

Posted at | Categorised in Blogging |
Indonesia banget

Indonesia banget

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya, bukan hanya kaya akan sumber daya alam dan pariwisatanya saja namun juga kaya akan ragam budaya, adat istiadat dan bahkan kebiasaan-kebiasaan uniknya. Bahkan tanpa kita sadari, sebagai masyarakat Indonesia, kita memiliki ciri khas tersendiri dari ketiga hal yang bahkan tanpa kita sadari sudah mendarah daging dan menjadi semacam ‘identitas’ di diri kita. Bahkan mungkin butuh waktu yang sangat lama untuk menghilangkannya. Pasti penasaran bukan apa saja kebiasaan yang Indonesia banget? Ini dia:

  • Suka merasa “tidak enak” dan “jaim”.

Sebagai orang Indonesia, sebagian besar dari kita seringkali merasa “tidak enak”. Tidak enak disini bukan berarti soal makanan atau minuman, melainkan perasaan. Bahkan seringkali hal ini membuat kita jengkel dan bahkan merugikan diri sendiri. Meski tidak semua orang Indonesia demikian namun hal ini ada hubungannya dengan sopan santun dan hubungan sosial atau bermasyarakat. Tidak enakan ini bisa dibilang semacam rasa sungkan atau segan, misalkan tidak enak jika harus merepotkan tetangga atau merasa sungkan makan banyak saat dijamu oleh pemilik rumah tempat kita bertamu atau bisa dibilang seperti “jaim” alias “jaga image”.

  • Belum makan kalau belum dengan nasi.

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki makanan pokok yaitu nasi. Saking seringnya makan nasi bahkan sedari kita kecil, seringkali kebiasaan itu terbawa hingga dewasa sehingga kita memiliki anggapan “belum makan jika belum makan nasi”, sekalipun kita sendiri sudah memakan sumber karbohidrat lainnya seperti roti, jagung, gandum, kentang dan sejenisnya. Meski demikian, tidak semua orang di wilayah Indonesia menjadikan nasi sebagai makanan pokok, di Papua misalnya, orang-orang Papua lebih senang makan papeda, yaitu sejenis makanan yang terbuat dari tepung sagu.

  • Kebiasaan-kebiasaan pada saat ada hajatan.

Orang yang masih hidup di perkampungan atau pedesaan seringkali mengadakan hajatan di rumah untuk beberapa acara penting dalam kehidupannya, misalkan pernikahan dan sunat atau khitan. Tanpa kita sadari hal ini juga menjadi kebiasaan yang Indonesia banget karena yang paling sering kita lihat adalah para tetangga yang didominasi oleh ibu-ibu akan memasak atau sekedar membantu di rumah si pemilik hajat.

Tak hanya itu saja, acara hajatan ini seringkali mengorbankan “jalan” di pedesaan sebagai tempat berlangsungnya acara, entah untuk menata tempat duduk atau untuk parkir kendaraan para tamu. Memang sebenarnya seringkali mengganggu, namun dengan acara pesta di rumah seperti ini, pengantin dan keluarganya akan merasa terbantu secara finansial karena tidak perlu menyewa gedung untuk melaksanakan resepsi. Selain itu, di beberapa tempat, acara hajatan semacam ini bisa berlangsung hingga 1 hari 1 malam atau semalaman suntuk.

  • Amplop uang.

Adanya amplop uang semacam ini masih ada hubungannya dengan kebiasaan atau sifat unik orang Indonesia yang sudah disebutkan di nomor 1, yaitu merasa “tidak enakan” atau sungkan. Sehingga sering kita temui orang Indonesia jika pergi ke acara hajatan mulai dari pernikahan, sunat hingga acara melayat, orang Indonesia akan menyelipkan sejumlah uang di dalam amplop baru kemudian memasukkannya ke kotak yang disediakan atau menyelipkannya langsung pada yang sedang berhajat.

  • Sopan-santun dan ramah tamah.

Masyarakat Indonesia masih memegang teguh nilai kesopanan dan tata krama, kita pun masih bisa menemukan beberapa contoh dari pengamalan nilai kesopanan tersebut, misalkan dengan memanggil orang lain yang belum dikenal dengan sebutan “mas, bang, kak, bapak dan sebagainya” atau “mbak, teh, bu, dan sebagainya”, selain itu jika kita perhatikan kembali, masyarakat Indonesia cenderung menerima atau memberi sesuatu dengan tangan kanan. Jika terpaksa menggunakan tangan kiri, biasanya akan didahului dengan kata “maaf”.

  • Gotong royong dan salin tolong menolong.

Tak hanya di pedesaan saja, di kota-kota besar sekalipun, masyarakat Indonesia mempunyai kebiasaan unik untuk bergotong-royong dan salin tolong menolong, mulai dari membantu di acara hajatan, menolong orang lain yang kecelakaan di jalan, menengok tetangga yang sakit hingga membantu di acara pemakaman dan masih banyak lagi. Kebiasaan-kebiasaan yang Indonesia banget ini tentu akan membuat kita merasa bangga menjadi orang Indonesia, bukan?

Related Post to Ini Dia Kebiasaan yang Indonesia Banget

biaya kuliah trisakti

Mau Kuliah Di Kampus Swasta? Berikut Biaya Kuliah Trisakti!

Posted at 08/27/2017

Apakah Anda merupakan seseorang yang baru lulus dari sekolah menengah atas? Pernahkah Anda berpikir untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi? Mungkin sebagian... Read More

Frans Kaisiepo

Mengenal Sosok Frans Kaisiepo, Tokoh di Uang Baru Indonesia!

Posted at 07/28/2017

Jika kita sudah melihat bentuk fisik dari uang baru yang ada di Indonesia pastinya kita akan melihat salah satu sosok pahlawan yang berasal dari... Read More

Biaya kuliah di universitas Indonesia

Biaya Kuliah di Universitas Indonesia Terbaru 2017

Posted at 07/28/2017

Menjalani pendidikan yang sesuai dengan keinginan merupakan salah satu impian dari banyak mahasiswa yang ada di Indonesia pastinya. Hal ini menjadi salah satu hal... Read More

Keajaiban Sedekah untuk Kaum Dhuafa dan Manfaatnya

Keajaiban Sedekah untuk Kaum Dhuafa dan Manfaatnya

Posted at 06/12/2017

  Bulan Ramadhan merupakan bulan yang suci untuk mereka yang beragama muslim. Beberapa orang percaya bahwa sebenarnya pada saat bulan suci ini akan ada... Read More

Menelisik Jumlah Kuota dan Biaya Haji 2017 Dengan Cermat

Menelisik Jumlah Kuota dan Biaya Haji 2017 Dengan Cermat

Posted at 06/09/2017

Menunaikan ibadah haji, merupakan salah satu hal yang paling banyak menjadi dambaan setiap muslim. Selain untuk memenuhi persyaratan dalam rukun Islam, ibadah haji pada... Read More

Partner Links